Saya Calon Pengusaha

Menjadi berbeda untuk kebanyakan orang adalah hal yang sangat sulit. Berbeda itu seperti seekor kelinci di tengah kambing. Atau seperti satu pohon apel di antara deretan pohon jeruk di kebun jeruk. Padahal, menjadi berbeda itu unik, akan membuat seseorang menjadi mudah terlihat. Setiap mata seolah tertuju padanya. Tentu, akan jauh lebih baik jika beda di sini dalam konteks perbedaan yang positif.

Menjadi berbeda bisa dilakukan oleh siapa saja. Di dunia bisnis yang mengedepankan kreativitas, misalnya, perbedaan itu justru harus terus-menerus dilakukan agar hasil yang didapatkan tidak seragam dan bisa tampil menonjol di tengah kompetitor.

Jika kita memang baru belajar menjadi berbeda, ingin keluar menjadi individu yang berbeda, dan terlihat berbeda (agar hasil dari perbedaan itu bisa membuat kita mengubah keadaan sekitar menjadi lebih baik), maka hal ini yang harus kita lakukan:
 
1. Mulai Dari Pola Pikir
Pola pikir kita harus dibiasakan berbeda dengan orang lain. Seorang yang berbeda akan melihat hal-hal di hadapannya dengan sudut pandang yang kreatif. Sebuah tumpukan koran untuk orang biasa, hanya terlihat sebagai sampah yang kemudian cepat-cepat mereka kumpulkan untuk dijual kembali. Sedang untuk orang dengan pola pikir berbeda, maka tumpukan koran itu bisa saja dijadikan kerajinan seperti vas bunga, tempat pensil, bunga kertas, yang tentu saja nilai jualnya jauh lebih tinggi dari tumpukan koran yang belum diolah.

2. Jangan Takut Dicemooh
Ejekan orang lain yang tidak bisa melihat perbedaan sering menyakitkan. Dan tentu saja akan semakin menyakitkan, jika kita tidak bisa fokus pada mimpi yang selama ini ingin kita raih.

Takut dengan cemoohan orang lain kepada kita, itu artinya kita belum memiliki mental yang kuat. Jika itu yang terjadi maka yang harus kita perbaiki lebih dahulu adalah mental kita dalam menghadapi orang lain. Lakukan sesuatu yang berbeda dalam skala kecil terlebih dahulu. Misalnya mencoba mengemukakan opini kita yang berbeda dari orang lain, atau mencoba mengembangkan imajinasi seluasnya (bisa dipelajari dari anak-anak). Jika kita merasa tidak masalah dengan hal seperti itu, itu artinya kita sudah mulai melangkah di bagian awal zona bernama perbedaan.

3. Belajar Berani
Agar bisa menjadi berbeda, yang wajib kita miliki adalah keberanian—berani untuk melakukan hal-hal yang berbeda dan yakin perbedaan itu akan membuat kita menjadi manusia yang lebih bermanfaat.

Belajar berani mengambil keputusan untuk tidak hanya menjadi pengikut, adalah hal paling awal yang bisa kita pelajari. Berani berkata tidak adalah langkah berikutnya. Berani mengecewakan orang lain untuk hal yang sifatnya prinsip dan kita anggap benar adalah langkah yang lainnya lain.
 
4. Jangan Berhenti di Tengah Jalan
Hal berbeda yang kita lakukan, ketika sudah menemui jalan suksesnya, akan mendatangkan orang-orang yang akan mengikuti/meniru apa yang kita lakukan. Kita tidak perlu berhenti atau putus asa karena hal itu. Kita juga tidak perlu berhenti di tengah jalan hanya karena ide kita dicuri orang lain. Kita adalah kepala dan pengikut kita adalah ekor. Tugas kita terus mencari inovasi sesuatu yang berbeda.

Percayalah yang pertama selalu menjadi yang diingat oleh orang lain.
 
5. Mulai dari Sekarang!
It’s now or never, itu kata sebuah lagu. Ambil keputusan sekarang atau tidak sama sekali.
Berlama-lama berpikir untuk mengambil keputusan, hanya akan menghasilkan kebimbangan, bukan keputusan yang matang. Kita akan menjadi ragu dan semakin takut untuk mengambil keputusan. Maka, lakukan sekarang. Dan nikmati kenyataan bahwa menjadi berbeda itu membuat hidup kita jauh lebih berwarna.

Catatan: Harus diingat, sekadar berbeda saja belum cukup. Cari nilai manfaat yang bisa dikembangkan dari perbedaan yang kita buat. Jika itu bisa kita lakukan, niscaya nilai kreatif dari hasil perbedaaan itu bisa membuat kita sukses di berbagai bidang. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar