3 Penyebab anda terjerat hutang

Utang, suatu kata yang akrab di kehidupan jaman sekarang. Berutang memang tidak masalah, tetapi jika salah menyikapinya, utang dapat menjadi jebakan yang menjerat dan membuat penderitaan. Dari mana pun sumber pinjamannya, utang dapat terus menumpuk jika Anda tidak cepat dan cermat mengatasinya.

Berikut tiga alasan mengapa seseorang sering terjebak dalam lilitan utang beserta solusi untuk mengatasinya:

1. Mengabaikan dan Menganggap enteng utang

Banyak yang menyikapi tumpukan utang dengan mengabaikan dan menganggap enteng. Ingat, utang tersebut tidak akan lunas tiba-tiba, tetapi memerlukan penyikapan agar dapat berkurang. Sebaiknya, Anda mulai menghitung berapa utang yang dimiliki, kemudian klasifikasikan mana utang terbesar dan prioritas untuk segera dibayar termasuk bunganya.

Dengan cara itu, Anda dapat mengetahui utang mana yang harus lebih dulu dilunasi. Selanjutnya, baru Anda fokus pada jumlah utang yang lebih kecil. Oh ya, sebaiknya kebiasaan meminjam dan menggunakan kartu kredit harus dikendalikan, karena hal yang satu ini  membuat utang Anda semakin menumpuk saja.

2. Tidak memiliki perencanaan anggaran

Sebagian besar kesalahan yang membuat seseorang sering terjerat utang adalah karena tidak adanya rencana anggaran pengeluaran.

Sambil mulai mengurangi jumlah utang Anda, mulailah mengatur pengeluaran pribadi. Jangan sampai jatuh lagi pada jebakan utang yang sama, mulailah  menulis anggaran pengeluaran pribadi.

Setelah membuat prioritas daftar pengeluaran tersebut, tentukan mana biaya yang dapat Anda pangkas. Gunakan uang yang dihemat untuk membayar utang Anda.

3. Tidak melunasi tagihan kartu kredit setiap bulan

Banyak orang yang menggunakan kartu kredit hanya membayar tagihan minimal setiap bulan dan tidak langsung melunasinya setiap bulan. Padahal dia mampu.

Kondisi tersebut membuat utang-utangnya menumpuk dari bulan ke bulan. Karena sifat kartu kredit adalah utang dengan bunga-berbunga. Cobalah membayar kartu kredit lebih dari tagihan minimum setiap bulan, tujuannya untuk mengurangi jumlah utang pribadi.

Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar